Installasi Web Server di Android




Android adalah sistem operasi dengan sumber terbuka, dan Google merilis kodenya di bawah Lisensi Apache. Kode dengan sumber terbuka dan lisensi perizinan pada Android memungkinkan perangkat lunak untuk dimodifikasi secara bebas dan didistribusikan oleh para pembuat perangkat, operator nirkabel, dan pengembang aplikasi.


Web Server adalah perangkat lunak yang berfungsi sebagai penerima permintaan yang dikirimkan melalui browser kemudian memberikan tanggapan permintaan dalam bentuk halaman situs web atau lebih umumnya dalam dokumen HTML. Namun, web server dapat mempumyai dua  pengertian berbeda, yaitu sebagai bagian dari perangkat keras (hardware) maupun sebagai dari perangkat lunak (software).


Pada kesempatan ini, kita akan mencoba bagaimana atau apakah bisa menginstall web server di android?, tentunya sangat bisa. Ada beberapa aplikasi yang menurut mimin recomended, yaitu: Penguin Server, AWebServer, ICode Web Server dan KSWEB Server.


Di Tutorial ini kita akan mencoba menggunakan aplikasi AWeb Server didalam tahap installasi nya, karena aplikasi tersebut menurut pengalaman mimin sangat ringan dan minim bug.


1. Langkah Installasi

  • Buka Play Store

  • Cari di kolom pencarian: AWeb Server


  • Lalu install seperti biasa


  • Setelah proses installasi sudah selesai, kita lanjut ke tahap Setup Aplikasi


2. Setup Aplikasi

  • Silahkan buka aplikasi AWeb Server yang sebelumnya sudah di install



  • Jika terdapat notifikasi untuk mengakses file internal, silahkan izinkan, guna untuk memgakses dokumen-dokumen yang di butuhkan.

  • Klik menu Document Root lalu pilih Internal




  • Pilih folder www lalu klik select.

  • Jika folder www tidak ada, silahkan buat terlebih dahulu dengan cara seperti biasa, buat folder www di penyimpanan internal, lalu kembali ke langkah sebelumnya.

3. Tahap Uji Coba

  • Buka aplikasi AWeb Server

  • Klik start pada menu service untuk memulai service web server



  • Geser kekiri pada menu ke-3 yang bertulisan MySQL lalu klik menu tsb



  • Pada menu service klik start untuk mengaktifkan mysql server

  • Buka browser lalu pergi ke halaman: http://localhost:8080





  • Tampilan diatas dapat disimpulkan web server dapat berjalan dengan lancar.

  • Lalu kita test apakah aplikasi ini dapat mengakses PhpMyAdmin layaknya XAMPP?, yuk kita test dengan mengakses kehalaman: http://localhost:8080/mysqladmin


  • Isi username dan password sama, yaitu: root dan klik kirim



  • Yeay! Phpmyadmin bisa di akses dengan normal. Jika error saat login, silahkan periksa kembali username dan password nya.

note: untuk menjalankan projek yang ingin kita jalankan, silahkan simpan projek tsb di folder www di penyimpanan internal.


Akhirnya kita sudah bisa install web server di android layaknya nya xampp di windows. Mungkin cukup sekian tutorial dari saya, jika ada yang mau ditanyakan silahkan isi kolom komentar. 


Jangan lupa bantu share ke temen-temennya yah! Sekian, Terimakasih.









Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.