Pengenalan Object Orianted Programing di Pemrograman PHP

Pengenalan Object Orianted Programing di Pemrograman PHP


Pengertian OOP (Object Oriented Programming) adalah suatu metode pemrograman yang berorientasi kepada objek. Tujuan dari OOP diciptakan adalah untuk mempermudah pengembangan program dengan cara mengikuti model yang telah ada di kehidupan sehari-hari. Jadi setiap bagian dari suatu permasalahan adalah objek, nah objek itu sendiri merupakan gabungan dari beberapa objek yang lebih kecil lagi.
Untuk mempermudah ilustrasi dalam belajar konsep OOP, saya akan ambil contoh Pesawat, Pesawat adalah sebuah objek. Pesawat itu sendiri terbentuk dari beberapa objek yang lebih kecil lagi seperti mesin, roda, baling-baling, kursi, dll. Pesawat sebagai objek yang terbentuk dari objek-objek yang lebih kecil saling berhubungan, berinteraksi, berkomunikasi dan saling mengirim pesan kepada objek-objek yang lainnya. Begitu juga dengan program, sebuah objek yang besar dibentuk dari beberapa objek yang lebih kecil, objek-objek itu saling berkomunikasi, dan saling berkirim pesan kepada objek yang lain.
  • Class dan Object di PHP


Class adalah sebuah konsep OOP yang digunakan untuk mengencapsulasi /membungkus data dan abstraksi prosedural yang diperlukan dalam menggambarkan isi dan tingkah laku berbagai entitas . Kelas juga merupakan deskripsi tergeneralisir (misal templet, pola, cetak biru) yang menggambarkan kumpulan objek yang sama, untuk membuat class dalam pemograman PHP bisa digunakan dengan nenambahkan keyword class lalu di ikuti oleh nama class yang akan dibuat.
Object atau Objek adalah hasil cetak dari class, atau hasil ‘konkrit’ dari class. Jika menggunakan analogi class person di atas maka object dari person bisa berupa anton, sari dan lain nya. sekarang kita akan membuat sebuah file baru dengan nama index.php yang akan kita gunakan sebagai file utama.
  • Constructor dan Destructor di PHP
https://tutspoiner.com

Constructor
 adalah fungsi khusus / fungsi unik yang akan di panggil secara otomatis pada saat object dibuat. Secara umum, pada saat pembuatan object, class harus meng-inisialisasikan variablenya untuk menghindari error yang tidak diinginkan sedangkan adalah method khusus yang dijalankan secara otomatis pada saat sebuah objek dihapus. Di dalam PHP, seluruh objek secara otomatis dihapus ketika halaman PHP dimana objek itu berada selesai diproses.
sekian, happy coding! terimakasih :D

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.